Lesson Study

arif2

Disampaikan pada Kultum Pendidikan syuro kurikulum 13 November 2008

LESSON STUDY

Sebagai Salah Satu Model Pembinaan Profesi Pendidik

LESSON STUDY ?

Lesson Study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community.

Lesson Study è Kegiatan Kelompok Guru è untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang diselenggarakannnya

Community Learning h 1) Guru dan 2) Pakar Pembelajaran

SKEMA KEGIATAN DALAM LESSON STUDY

Planing—Doing—-Refleksi

PLAN

– Identifikasi Masalah

– Didiskusikan dalam Community Learning

– Sumbangan pemikiran thd. Masalah

– Penyusunan lembar observasi

– Penyusunan perangkat pembelajaran :

• RPP

• LKS

• Media / alat peraga pembelajaran

• Instrumen penilaian prose dan hasil belajar

• Lembar Observasi Pembelajaran

• Observasi

Seorang guru ditunjuk untuk melakukan implementasikan planning, dan yang lain melakukan rekaman dan menilai plus minus terhadap praktek observasi

• Refleksi

Guru yang melakukan implementasi rencana pembelajaran menyampaikan kesan-kesannya ketika observasi dan yang lain ( guru dan para pakar ) menyampaikan hasil analisis observasi

• Mengapa perlu Lesson Study ?

• DASAR YURIDIS :

– UU nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen :

• Pasal 20 : Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berkewajiban :

a. Merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran;

b. Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni

• Pasal 32 :

a. Pembinaan dan mengembangan guru meliputi pembinaan dan pengembangan profesi dan karier

b. Pembinaan dan pengembangan profesi guru meliputi kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional

• Pasal 34 :

a. Pemerintah dan pemerintah daerah wajib membina dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi guru pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah, pemerintah daerah dan / atau masyarakat.

– PP nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 19

– Setiap Satuan Pendidikan melakukan perencaan, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran dan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif

• Alasan Lesson Study :

– Lesson Study merupakan suatu cara efektif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan guru dan aktivitas belajar siswa, karena :

• Didasarkan pada hasil sharing pengetahuan profesional

• Penekanan dasar Lesson Study adalah siswa memiliki kualitas belajar

• Titik fokus dan titik perhatian utama adalah tujuan pembelajaran

• Didasarkan pada pengalaman real di kelas

• Menempatkan guru sebagai peneliti pembelajaran

– Lesson Study akan menghasilkan guru yang profesional dan inovatif

– Manfaat Lesson Study :

– Mengurangi keterasingan guru dari komunitasnya;

– Membantu guru untuk mengobservasi dan mengkritisi pembelajarannya;

– Memperdalam pemahaman guru tentang materi pelajaran, cakupan dan urutan kurikulum;

– Membantu guru memfokuskan bantuannya pada seluruh aktifitas belajar siswa

– Menciptakan terjadinya pertukaran-pertukaran harapan untuk pemahaman berfikir dan belajar siswa

– Meningkatkan kolaborasi pada sesama guru dalam pembelajaran;

– Peningkatan mutu guru dan pembelajaran akan meningkatkan mutu lulusan;

– Guru memiliki kesempatan untuk membuat bermakna ide-ide pendidikan dalam praktek pembelajarnnya

– Guru mudah berkonsultasi kepada para pakar dalam hal pembelajaran atau kesulitan materi pelajaran

– Perbaikan praktek pembelajaran di kelas

– Peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah atau buku ajar

• PELAKSANAAN LESSON STUDY

1. Membentuk kelompok lesson study : merekrut anggota, menyusun komitmen waktu khusus, menyusun jadwal pertemuan, dan menyetujui aturan kelompok;

2. Memfokuskan lesson Study;

3. Merencanakan Pembelajaran;

4. Melaksanakan Pembelajaran di kelas dan mengamatinya ( observasi );

5. Mendistribusikan dan menganalisis pembelajaran yang telah dilaksanakan;

6. Merefleksikan pembelajaran dan merencanakan tahap-tahap selanjutnya

• Model Pelaksanaan Lesson Study

• Berbasis Madrasah

Pembentukan Lesson Study dengan anggota community learning terdiri dari guru-guru suatu mapel dalam satu madrasah.

• Berbasis KKG atau MGMP

Pembentukan Lesson Study dengan anggota Community Learning terdiri dari anggota KKG atau MGMP

• Berbasis Kelompok Sekolah yang Berdekatan

• SEMINAR PERENCANAAN DAN HASIL LESSON STUDY

• Agar diperoleh pembelajaran yang baik, maka perencanaan perangkat pembelajaran suatu kelompok perlu memperoleh tanggapan dari kelompok yang lain

• Pelaksanaan hal tersebut dapat dilaksanakan dalam suatu diskusi dan seminar perencanaan dan hasil lesson study

Mr Arif

Sumber: kepala seksi kurikulum, Mapenda Depag kanwil Jateng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s