Silaturahim dan Studi Banding ke SBI Cimahi

sbi
Akhir Februari ini (280209) ditutup dengan menghimpun banyak ilmu bagi SD Juara Cimahi. Beberapa agenda besar digelar termasuk di antaranya Silaturahim dan Studi Banding ke Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional: SDN Melong Mandiri 1 Cimahi.

Tanpa diduga, kehadiran pejuang-pejuang muda dari SD Juara, mendapat sambutan luar biasa. Di gerbang sekolah sudah disambut dengan deretan pasukan pramuka. Ibarat rombongan kepresidenan yang akan melakukan inspeksi dan peresmian.

Di lapangan disediakan sebuah tenda kecil untuk tempat duduk rombongan. Setelah itu, SD Juara disuguhi dengan demonstrasi Baris Berbaris oleh PASKIBRA SDN Melong Mandiri. Tidak cukup dengan itu, satu grup Cheerleader pun turut ditampilkan sebagai sambutan. Hal yang tidak kalah menarik adalah, penyambutan dan pengantar demonstrasi menggunakan bahasa inggris (maklum RSBI).

Setelah menyaksikan demonstrasi, rombongan diajak ke ruang guru dan diskusi tentang penyelenggaraan pendidikan di SD Melong Mandiri hingga menjelang jam 10.00 pagi tadi.

Hasilnya, luar biasa. Banyak hal yang harus dipelajari. Untuk sementara segala informasi memang baru mimpi-mimpi yang belum terbeli bagi kami. Tapi suatu saat semuanya harus menjadi bukti di SD para Juara ini.

Sekarang SD Juara memang belum jadi SBI, tapi paling tidak sudah SBA (Sekolah Brorientasi Akhirat). Doakan kami, kami akan berusaha!!!

Siap gerak, hormat gerak… itulah kata yang kami dengar pertama kali ketika melakukan studi banding ke SD Melong Mandiri 1 yang merupakan salah satu Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) di Cimahi.

Penyambutan yang luar biasa. Ketika masuk ke gerbang sekolah, salah seorang rombongan SD Juara sempat bertanya-tanya mengenai penyambutan ini karena kami disambut barisan pasukan Pramuka layaknya tamu kenegaraan. Kemudian kami disuguhkan dengan tampilan kreasi seperti rampak kendang, PBB Pramuka, cheer leader dll. Bahasa pengantar mereka dengan bahasa inggris.

Sekolah Bertaraf Internasional seperti ini, baru ada 5 buah di Jawa Barat. Itupun setelah melalui rangkaian persyaratan yang ketat. Di SBI, rombongan SD Juara melakukan studi banding dan sharing pembelajaran.Tampak terjadi diskusi yang hangat antara kedua sekolah sambil ada rombongan SD Juara yang melakukan kunjungan ke kelas-kelas dan lab. bahasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s