Ada Bomb di SD Juara Cimahi

oleh Suhud Syamsul Hakim, RJI – Cimahi

Ketenangan dan keceriaan siswa SD Juara Cimahi, pagi tadi sempat terusik dengan sebuah kejadian luar biasa. Ketika siswa sedang berada di dalam mesjid mengikuti acara GROW, tiba-tiba ada sebuah bungkusan hitam yang tergeletak di antara siswa. Tidak ada siswa yang mengaku memilikinya, namun berdasar beberapa saksi dikatakan bahwa sempat ada seseorang yang dicurigai menyimpan bungkusan itu. Selain itu beberapa siswa juga sempat mendengar bunyi “beep” dari dalam kotak misterius.

Berdasarkan beberapa saksi tersebut, maka serentak saja Ibu-ibu guru mengevakuasi seluruh siswa ke luar ruangan mesjid karena dikhawatirkan isinya adalah BOM. Situasi pun menjadi panik, tidak terkecuali ibu-ibu orang tua siswa madrasah yang sedang menunggu anak-anaknya. Bahkan beberapa orang tua sekitar sekolah pun menangkap kepanikan tersebut.

Dengan mengumpulkan segenap keberanian, kotak itu pun di bawa ke luar mesjid untuk diperiksa oleh tim penjinak. Situasi menjadi semakin tegang, ketika pemeriksaan sempat terdengar ledakan dari dalam kotak namun tidak menunjukkan kerusakan apapun. Banyak siswa sudah mulai di luar pagar sekolah dan berkaca-kaca ketakutan.

Sedikit demi sedikit, kotak itu itu pun terbuka. Dan ternyata isinya benar-benar BOMB (Bahan Orientasi Menjadi Berani), yang terdiri dari: Sandal Jepit, Sendok, Balon, Susu, Bengbeng, HP (sebagai sumber bunyi) serta selembar kertas bertuliskan: Selamat, Kamu Telah Menjadi Juara yang Berani…” dan siswa-siswa pun bertepuk tangan, tertawa sambil berkaca-kaca.

Kejadian tersebut merupakan skenario pembuka GROW hari ke-dua, yang bertujuan memperkenalkan konsep dasar BAM (Benar Aman dan Manfaat) untuk setiap tindakan. Dengan metode game dan simulasi, siswa diajak untuk mentaati dan sekaligus kritis terhadap aturan. Hanya aturan yang BENAR yang harus ditaati. Dengan metode sama (bentuk berbeda), siswa pun diajak untuk mengutamakan keamanan dan manfaat bagi orang lain. Salah satunya dengan bentuk LINTAS BENTENG. Siswa pun bisa merasakan dengan langsung perbuatan yang berlandas BAM, maka akan lebih baik, lebih cepat, tertib, tidak melukai diri sendiri dan orang lain serta memiliki nilai manfaat lebih banyak.

Begitulah sosialisasi peraturan sekolah kepada siswa yang berlangsung tadi pagi. Dengan diberlakukannya BAM, maka semua peraturan sikap yang seabreg di SD Juara Cimai, mulai tadi pagi DIHAPUSKAN dan diganti dengan BAM. Bagaimana hasilnya? JIka nilai yang ditanamkan selama 3 tahun ini sudah terinternalisasi, maka insya Allah sekolah aman. Jika belum??? ^_^

Setelah penjinakan BOM selesai, tiba-tiba dua orang teroris masuk lapangan dan saling adu tembak di antara para siswa. Tapi kali ini tidak membuat ketakutan, kelainkan gelak tawa. Karena yang tampil adalah Mr. Yudi dan Mrs. Silfi lengkap dengan senjata dan asesorisnya. Mereka siap tambil untuk ice breaking versi teroris.

Perjalanan sang Juara berlanjut ke belahan dunia laiinya dengan terlebih dahulu mendapatkan bekal dalam “English Time”. Miss Pipit mengajak para Juara bermain dan lebih dekat dengan bahasa Inggris, dengan harapan para juara tidak menganggap English seperti teroris melainkan seperti “Telor di Iris-iris” ^_^ (lezaaat).

Perjalanan pun harus berakhir. Tidak tahu dimana akhirnya, yang pasti kapal akan berenti. Ustadz Hendi mengajak siswa bermuhasabah kembali. Tidak ada yang tahu kapan dunia berlalu. Tidak tahu kapan tamu terakir akan mampir. Entah kapan pemutus kenikmatan akan bertandang. Yang pasti semoga kita sempat bertaubat, kembali dalam keadaan Benar, Aman dan telah memberi banyak Manfaat kepada Umat.

Esok hari, insya Allah perjalanan baru segera dimulai. Doakan, semoga amanah ini tertunaikan….

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s