Media Ramai-ramai Liput SD Juara Cimahi di Hari Batik Nasional

Pagi hari kemarin, SD Juara Cimahi serasa penuh sesak. Bagaimana tidak, selain siswa Juara dan juga guru yang hadir saat itu, terlihat orang-orang asing yang ujug-ujug hadir pada Peringatan Hari Batik Nasional di SD Juara Cimahi. Orang-orang asing tersebut, lengkap menenteng kamera. Ternyata eh ternyata, mereka wartawan yang sengaja datang untuk meliput kegiatan Peringatan Hari Batik Nasional oleh SD Juara Cimahi di hari itu.
Sempat bertanya-tanya, apa yang membuat mereka tertarik datang ke SD Juara Cimahi di Hari Batik ini?
Pertanyaan tersebut akhirnya terjawab sudah di hari ini ketika membaca koran dan membuka internet.
Wartawan rupanya banyak menjepret peringatan batik di SD Juara Cimahi pada hari kemarin karena keunikan acaranya. Acara peringatan batik kemarin sebenarnya memiliki konsep yang sangat sederhana. Pertama, semua siswa dan juga guru Long march untuk sosialisasi batik ke masyarakat. Kedua, acara Fashion Show.
Rupanya, konsep yang sederhana itu sangat digilai oleh para wartawan dengan ilmu fotografinya. Seolah-olah mereka haus dengan sebuah momen di mana para siswa berbaris rapih, tertib, dan dengan berani meneriakkan rasa nasionalisme mereka sebagai bagian dari sebuah bangsa yang besar, Indonesia. Sebuah bangsa yang memiliki batik sebagai produk budaya yang luhur. Lihatlah foto hasil jepretan Kang Wanda, fotografer bandungnewsphoto. Terlihat jelas keunikan dan momen yang penuh dengan emosi. Oktober2013
Ah, melihat foto-foto itu dan bagaimana syiar SD Juara Cimahi mengindonesia, menjadi obat basahnya baju siswa dan guru dengan keringat di hari kemarin. Jalan kaki menyusuri jalan protokol Melong Asih di tengah teriknya matahari, dan juga berpanas-panas ria ketika mengapresiasi para siswa yang tampil pada acara fashion show. Dan yang paling penting dari semua itu adalah proses edukasi kami, guru-guru SD Juara Cimahi kepada para siswa untuk senantiasa mencintai dan bangga terhadap identitas diri yang selama ini seolah-olah tercabik-cabik oleh budaya bangsa lain. Salam Nasionalisme Kami untuk Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s